0

Berpikir “Out of the Box”

Posted by melani kartika sari on July 18, 2013 in Tips dan Trik |

out_of_the_box

Kisah ini terjadi ratusan tahun yang lalu si sebuah kota kecil di Italia. Seorang saudagar mengalami nasib sial terjerat hutang pada rentenir yang tua dan jelek. Rentenir itu ternyata menyukai putri saudagar itu sehingga ia menawarnya. Ia mengatakan akan melupakan utang saudagar itu jika ia bisa menikahi putrinya. Saudagar dan putrinya terkejut dengan penawaran yang mengerikan dari rentenir tersebut.

Rentenir mengatakan kepada mereka bahwa ia akan menempatkan kerikil hitam dan kerikil putih ke dalam kantong kosong. Gadis itu kemudian harus memilih satu kerikil dari dalam kantong. Jika ia memilih kerikil hitam maka dia harus menjadi istri rentenir itu dan hutang ayahnya akan dihapuskan. Jika ia memilih kerikil putih, ia tidak perlu menikah dengan rentenir itu dan hutang ayahnya masih akan dihapuskan. Tetapi jika ia menolak untuk mengambil kerikil, maka ayahnya akan dilemparkan ke dalam penjara.

Mereka berdiri di jalan di sebuah taman dengan kerikil bertebaran. Ketika mereka berbicara, rentenir itu membungkuk untuk mengambil dua kerikil. Saat ia mengambilnya, gadis bermata tajam itu melihat bahwa rentenir telah mengambil dua kerikil tajam dan memasukkan ke dalm kantong. Ia kemudian meminta gadis itu untuk memilih kerikil dari dalam kantong.

Apa yang Anda lakukan jika menjadi gadis itu?

Jika Anda harus menasehati gadis itu, apa yang akan Anda nasehatkan?

Analisis yang cermat akan menghasilkan 3 kemungkinan: gadis itu harus menolak mengambil kerikil, gadis itu akan menunjukkan bahwa ada dua kerikil hitam dalam kantong dan memberitahu bahwa rentenir itu penipu, atau gadis itu memilih kerikil tajam dan mengorbankan dirinyauntuk menyelamatkan ayahnya dari hutang dan penjara.

Gadis itu menaruh tangannya ke dalam kantong dan menarik keluar sebuah kerikil. Tanpa melihat kerikil itu, ia meraba-raba dan membiarkannya jatuh ke jalan berkerikil. Segera saja kerikil itu berbaur dengan kerikil lainnya. “Oh, betapa cerobohnya aku” katanya. “Tapi sudahlah, jika Anda melihat ke dalam kantong kerikil apa yang tersisa, maka Anda akan tahu kerikil mana yang sudah saya pilih”. Karena kerikil yang tersisa adalah hitam, maka diasumsikan bahwa gadis itu telah memilih kerikil putih, dan karena rentenir itu tidak berani mengakui ketidakjujurannya, gadis itu mengubah situasi yang tidak mungkin menjadi menguntungkan baginya.

Sebagian besar masalah yang kompleks mempunyai solusi, terkadang kita harus berfikir tentang itu dengan cara yang berbeda. Sudahkan kita melakukan hal yang demikian? berpikir Out of the Box?

Sumber:Intisari-online

Tags: , ,

Want to leave a note? Just fill in the form below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2013-2017 miruku All rights reserved.
This site is using the Multi Child-Theme, v2.1.1, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.2, from BuyNowShop.com.